Imajinasi Rupa Makanan

Yulia Loekito

ORANG-ORANG tak henti-hentinya mencari resep-resep masakan baru demi membunuh rasa jenuh tak bisa jalan-jalan selama masa pandemi. Berhasil mengolah masakan dari resep baru membuat keluarga lebih gembira dan sabar menanti waktu karantina berakhir. Buka-buka resep, selain lihat komposisi bumbu dan cara memasak, selalu ada gambar-gambar menggugah selera. Oh, bukan cuma gambar tapi gambar bergerak yang menunjukkan langkah demi langkah cara memasak! 

Namun, sore itu seorang ibu membuka buku resep masakan tak memuat foto, seperti buku-buku biasanya. Ia sedang mencari-cari resep masakan ayam, yang jelas selain ayam kecap, ayam goreng, atau ayam rica. Di halaman 44, ia menemukan resep ayam kalio, hidangan asal Minang. Tampaknya serupa bumbu rendang. Ibu bersyukur karena seisi rumah mulai bosan dengan menu yang selalu berulang. Buku berjudul Cerita Dapur Nusantara dalam Rasa dan Rupa (2017) tulisan Bara Pattiradjawane tidak memuat foto sama sekali, tapi bertabur gambar-gambar cat air buatan Rahma Adriani. Di bawah nama masakan, ada gambar ayam jago besar mendominasi halaman. Bulunya warna-warni menunjukkan kalau itu ayam kampung. Konon, masakan terasa lebih lezat jika pakai ayam kampung. Tapi, si ibu lebih memilih ayam babon daripada ayam jantan untuk dimasak. 

Anak-anak mulai mendekat pada ibu karena tertarik melihat buku besar berwarna-warni. Anak-anak mulai bertanya dan berkomentar. Mereka bertanya sambil menunjuk gambar pada buku. Apa masakan yang mau dimasak esok hari? Si ibu penasaran malah bertanya, “Mana lebih bagus? Foto atau gambar seperti ini?” Randu Manah, si anak laki-laki, bilang lebih bagus gambar cat air karena buatan sendiri. Ibu tersenyum-senyum sendiri sambil membolak-balik buku menikmati gambar-gambar cat air bersama anak-anak. Sesekali ibu menunjuk gambar sayuran atau rempah-rempah dan bertanya apa anak-anak tahu sayur atau bumbu apa itu. Randu yang paling tidak suka makan loncang. Katanya, baunya aneh. Eh, Randu langsung mengomentari gambar loncang goresan cat air. Ranuverda yang anak perempuan, tak berkomentar gambar atau foto yang lebih bagus, tapi Ranuverda sibuk menebak-nebak gambar apa ini, gambar apa itu. Sebab, gambar cat air agak berbeda dengan benda aslinya. Dengan foto, biasanya anak-anak tak sibuk menebak dan mengagumi. 

Di masa kini, belum lagi anak-anak puas bereksplorasi dengan inderanya untuk mencipta – seperti  membuat goresan, bermain dengan warna, mengecat, atau bentuk-bentuk eksplorasi ragawi lain yang akan menuntunnya menuju eksplorasi spiritual; dan belum lagi anak-anak khatam menggunakan otak dan perasaannya untuk berimajinasi – tiba-tiba anak-anak sudah dibanjiri dengan foto dan gambar-gambar bergerak di kanal-kanal internet atau televisi. Saking interaktifnya foto dan gambar-gambar itu, anak-anak terus cenderung memilih berpikir mudah dan asyik menonton saja. Rasa menjadi mandeg terolah, imajinasi apalagi. Anak-anak perlahan malas bergerak dihadang sajian digital aneka rupa di depan mata. Barangkali mereka terlalu dini terpapar pesona media mutakhir. 

Di masa kini, belum lagi anak-anak puas bereksplorasi dengan inderanya untuk mencipta – seperti  membuat goresan, bermain dengan warna, mengecat, atau bentuk-bentuk eksplorasi ragawi lain yang akan menuntunnya menuju eksplorasi spiritual; dan belum lagi anak-anak khatam menggunakan otak dan perasaannya untuk berimajinasi – tiba-tiba anak-anak sudah dibanjiri dengan foto dan gambar-gambar bergerak di kanal-kanal internet atau televisi.

Di koran Media Indonesia terbit tanggal 21 September 2020, ada berita tentang penyanyi Isyana Sarasvati. Barangkali ia lebih dahulu mengakrabi musik dibandingkan dapur. “Dibesarkan dalam keluarga pendidik, Isyana diperkenalkan ke dunia musik pada usia 4 tahun oleh ibunya, hingga menguasai sejumlah instrumen seperti piano, electone, flute, biola, dan saksofon,” warta di Media Indonesia. Tapi, Isyana juga mengaku bahwa ibunya juga jago masak sehingga ia juga yakin bisa masak seperti ibunya. Berita tak linear dengan kariernya sebagai penyanyi, lebih menyoroti sisi lain gara-gara perannya jadi bintang iklan sebuah produk penyedap makanan. 

Kita menduga kebiasaan memasak diberitakan berkenaan dengan peran jadi bintang iklan. Namun, di sana juga ada ingatan masa kecil akan dapur dan ibu jago masak. Ingatan itu sepertinya jadi bekal baginya bisa memberi pendapat dan anjuran baik mengenai memasak untuk para penggemarnya. Lagi-lagi, mengingat perannya sebagai figur publik. Lepas dari kepentingan akan karier dan popularitas, persoalan mendasar kehidupan yaitu mengusahakan makanan.

Ingatan-ingatan masa kecil sering jadi pembentuk karakter seseorang. Termasuk di dalamnya ingatan akan rupa dan rasa. Banyak ingatan tentang rupa dan rasa yang diusahakan dengan tulus dan sepenuh hati semestinya akan membuat jejak yang dalam dan baik. Kepekaan terhadap usaha anggota keluarga atau sesama maupun orang lain bisa buat anak jadi manusia yang mudah menghargai orang lain. Banyak asupan rupa untuk imajinasi yang tidak instan justru juga bisa memantik daya bakal kreativitas, yang berorientasi pada solusi di masa datang. Manusia memang pintar berteknologi dan berinovasi. Tapi manusia harus punya kesadaran teknologi dan inovasi yang perlu dan yang tidak. Teknologi dan inovasi mana yang bisa tetap membuat manusia jadi manusiawi.

Manusia memang pintar berteknologi dan berinovasi. Tapi manusia harus punya kesadaran teknologi dan inovasi yang perlu dan yang tidak. Teknologi dan inovasi mana yang bisa tetap membuat manusia jadi manusiawi.

Sekadar menikmati ragam gambar yang hasil buatan tangan seseorang dalam buku-buku bisa membuat anak-anak sadar bahwa dengan indera dan anggota tubuh mereka bisa melakukan banyak hal baik. Kelak, mereka akan tahu menggunakannya untuk membantu orang lain, bukan sebaliknya. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s