Rezim (Berlagak) Buku

REZIM Orde Baru mungkin secara terpaksa bisa berarti “rezim buku.” Soeharto menempatkan diri sebagai “Bapak Buku (Inpres) Indonesia”, sebelum “Bapak Pembangunan.” Julukan-julukan boleh dianggap keterlaluan. Orang-orang berhak menerima dan menolak. Soeharto pun tak pernah mengumumkan diri atau menerima julukan “Bapak Buku (Inpres) Indonesia”. Tugas terpenting adalah memberi tanda tangan, petunjuk, dan hadir dalam acara anak-anak berkaitan buku. Pada masa 1980-an, perintah dan gagasan Soeharto dimuat dalam ratusan judul buku masuk dalam kerja kolosal: Inpres. Pembangunan nasional dan sosok Soeharto diceritakan para pengarang mendapat duit dari misi pemerintah mengadakan buku-buku berstempel “tidak diperdagangkan.” Buku-buku jarang bermutu membentuk gagasan dan imajinasi bocah mengenai Indonesia, keluarga, presiden, desa, kota, pendidikan, alam, dan lain-lain.

Keluarga-keluarga tak ingin terpengaruh oleh buku-buku Inpres dengan segala doktrin dan cerita amburadul, memilih membelikan buku-buku dari penerbit-penerbit partikelir. Bapak dan ibu mendingan mengeluarkan duit demi menemukan buku-buku bermutu bakal dinikmati anak-anak.

Keluarga-keluarga tak ingin terpengaruh oleh buku-buku Inpres dengan segala doktrin dan cerita amburadul, memilih membelikan buku-buku dari penerbit-penerbit partikelir. Bapak dan ibu mendingan mengeluarkan duit demi menemukan buku-buku bermutu bakal dinikmati anak-anak. Dulu, Pustaka Utama Grafiti masuk daftar penerbit menghasilkan buku-buku bermutu untuk anak dan remaja. Penerbit itu bersaing dengan BPK Gunung Mulia, Gramedia, Pustaka Jaya, dan lain-lain. Di Pesta  Buku Anak ’93 diselenggarakan di Jakarta, Pustaka Utama Grafiti ingin memanjakan anak-anak dengan penawaran sekian buku bermutu. Pesan gamblang dimuat di Tempo, 6 November 1993: “Saatnya anak Anda mendapatkan bacaan bermutu: dongeng, legenda, cerita rakyat, petualangan, pengetahuan, riwayat tokoh dunia, terbitan kami.”   


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s