5 Adegan + 1 Adegan

SEJAK kecil, pelajaran menggambar di Indonesia khas dengan matahari mesem. Dulu, kita menggambar dua gunung. Di tengah, ada matahari mesem. Matahari itu wajah. Bocah membuat mata, hidung, dan mulut. Matahari tak bertelinga tapi memancarkan sinar lancip-lancip. Pada saat bertambah umur atau dewasa, matahari masih gambar mesem dengan arti berbeda. Di majalah Femina edisi 9 November 1976, gambar matahari mesem menandai ibu melakukan pekerjaan di rumah: mencuci. Matahari singgah ke rumah modern. Matahari sadar zaman. Matahari mengeringkan jemuran ibu. Iklan tak mengabarkan ibu mencuci pakaian saja. Lihatlah, 5 adegan! Ibu mencuci pakaian, menuci piring, membersihkan dapur, membersihkan kamar mandi, dan membersihkan jendela. Mencuci dan membersihkan menggunakan Sunlight. Matahari mungkin terjemahan dari merek. Kita juga melihat satu adegan bertokoh bapak. Adegan di keluarga modern. Bapak mencuci mobil. 

Ibu mencuci dengan cara merendam pakaian kotor dalam ember. Ia mengucek dan menjemur. Ibu belum memiliki mesin cuci di rumah modern. Berpindah ke dapur, kita melihat dinding apik, rak piring, dan benda-benda termiliki keluarga modern. Dapur bersih dan indah. Di dapur, ibu membersihkan dinding. Di sana, ada kompor gas. Ibu tak mengalami kesulitan dalam memasak seperti ibu-ibu masih menggunakan tungku atau kompor bersumbu. Kita memandang iklan, usaha mengerti pekerjaan-pekerjaan di rumah. Ibu terduga tak mampu mencuci mobil. Kita terbiasa melihat para lelaki mencuci mobil ketimbang ibu. Pekerjaan itu berat. Kita membandingkan saja: ibu dengan 5 adegan dan bapak dengan 1 adegan. Dua sosok mewartakan keluarga di rumah modern tanpa pembantu. Mereka melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan mesem, tak mau kalah dengan matahari mesem. Ibu dan bapak bisa diteladani di Indonesia.      


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s