Lebaran dan Kelezatan Makanan

SEKIAN hari lagi Lebaran. Keluarga-keluarga di desa dan kota belum tentu berkumpul utuh. Mudik terlarang oleh pemerintah. Lebaran belum bercerita keluarga dalam kehadiran bersama, masih mungkin dianggap “hadir” dengan gawai. Kebiasaan bercakap dan makan bersama belum berlaku lagi. Ingatan kebersamaan memasak atau makan cukup memberi makna saat Lebaran diinginkan tanpa kerumunan. Sekian olahan makanan teringat, selain makanan-makanan bisa diadakan dengan cara membeli di toko, pasar, atau pusat perbelanjaan. Tahun demi tahun, Lebaran membuka ingatan album makanan. Di Indonesia, sekian jenis makanan sering teriklankan di majalah-majalah. Pelbagai merek margarin, kecap, atau tepung sering mengajak orang-orang mengartikan Lebaran dengan membuat beragam makanan di rumah.

Di majalah Minggu Pagi edisi 6 Mei 1956, publik diajak memikirkan makanan-makanan lezat saat Lebaran. Di halaman dengan gambar hitam-putih, kita melihat kaum lelaki mungkin berada di masjid. Tanda paling jelas adalah beduk. Lihatlah, seorang pemukul beduk mengabarkan hari kemenangan! Dua lelaki berbusana necis dan berpeci sedang bercakap. Di kejauhan, tampak dua lelaki bersalaman. Semua adegan terjelaskan: “Lebaran hampir tiba. Rajakanlah dengan gembira!” Kaum lelaki terhadirkan dalam sekian peristiwa. Kita tiada melihat kaum perempuan. Konon, mereka berada di dapur atau rumah. Kita simak bujukan dari Blue Band: “Kini telah tiba waktunja untuk mengadakan persiapan hari Lebaran! Pesta itu pasti akan sempurna dan berhasil, sekiranja njonja dapat menjediakan hidangan lezat. Hal ini mudah ditjapai, djika njonja memakai Blue Band jang mendjamin kelezatan segala masakan dan lauk pauk!” Pada masa lalu, hari-hari menjelang Lebaran bertaburan iklan: mengingatkan kebersamaan keluarga dan makanan.  


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s