Kenikmatan …

Di bangjo Ngarsopuro, Solo, orang berhenti saat lampu orang: melihat papan iklan besar. Di situ, terlihat keluarga sedang merindu untuk pergi ke KFC. Mereka berimajinasi sedang duduk dan bercakap di KFC. Hal terpenting adalah makan daging. Iklan berlatar wabah itu mengabarkan agar orang-orang belum usah berkumpul atau membuat keramaian. Keluarga itu memilih memesan dan menikmati daging di rumah tapi suasana dibuat seperti sedang merasa di KFC. Konon, makan daging itu sah bila di KFC, bukan di rumah. Sejak puluhan tahun lalu, keluarga-keluarga Indonesia suka berada di KFC. Mereka makan dan mendapat martabat. Pitik-pitik dan bumbu asal Amerika disantap dengan berimajinasi global. 

Dulu, anak atau remaja suka pergi ke KFC memiliki pamrih. Mereka pergi dengan atau tanpa orangtua berharapan mengoleksi benda. Di majalah Hai edisi 30 Mei-5 Juni 1995, terbaca iklan KFC dan jam ajaib. Ajakan: “Seruh deh! Koleksi semuanya! Siapa cepat dia dapat!” Di situ, gambar binatang-binatang, nenek sihir, Tarzan, dan lain-lain. Kita tak melihat adegan orang sedang makan daging dibungkus tepung. Petunjuk: “Mudah saja kalian bisa langsung memperolehnya hanya dengan menambah Rp 8.000 saja untuk setiap pembelian minimal Rp 6.500. Oke! Datang cepetan ke KFC supaya ngga kehabisan!” Kenikmatan tercipta pada masa lalu adalah makan dan mainan. Tahun-tahun berlalu, peninggian martabat keluarga Indonesia masih dipengaruhi KFC ketimbang mereka membeli daging pitik bertepung di gerobak pinggir jalan atau warung-warung di desa.  

Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s