(Pameran) Keluarga Sejahtera

PERINGATAN 76 tahun Indonesia merdeka menggunakan diksi tangguh dan maju. Pengertian dua kata itu terdapat dalam kamus. Orang-orang sudah sungkan mengoleksi kamus-kamus di rumah. Pencarian jawaban mudah bukan lagi melalui buku-buku cetak. Gawai-gawai menjadi benda bisa menjawab. Orang-orang pun tangguh untuk segala urusan asal bergawai. Buku bukan tanda kemuliaan pengetahuan. Impian terbesar adalah mencipta keluarga keaksaraan dengan gawai-gawai, tak selalu buku. Kita menganggap itu bukti keluarga Indonesia tangguh dan maju. Pada 2021, wabah belum selesai makin menempatkan keutamaan gawai ketimbang buku-buku cetak. Pada saat bendera berkibar di depan rumah, buku-buku belum tentu turut “berkibar” dalam rumah saat segala hal terasa sulit dan dilematis. Keluarga masih berada di rumah, belum gampang bepergian atau menikmati acara-acara seperti masa lalu.

Di majalah Bobo edisi 21 September 1995, terpampang pengumuman besar meski tak berwarna meriah, cuma hitam-putih. Pengumuman untuk keluarga. Kita membaca: “Pameran Buku Terbesar di Indonesia. Pameran Buku Ikapi ’95. Tema: Gemar Membaca, Keluarga Sejahtera.” Pameran memiliki logo 50 tahun Indonesia merdeka. Peringatan kemerdekaan dengan buku-buku. Keluarga Indonesia diharapkan menjadi keluarga buku. Konon, keluarga mau membaca menjadi sejahtera. Diksi mengingatkan PKK. Selama puluhan tahun, “sejahtera” masuk daftar diksi andalan rezim Orde Baru. Kini, kita mungkin merindukan acara buku seperti dulu. Di situ, ada penjelasan: “Mengajak anak Anda ke pameran buku adalah langkah awal yang paling tepat untuk menanamkan cinta buku dan minat baca, yang akan menjadi kenangan manis sepanjang hayat.” Kalimat agak puitis tapi sulit terbuktikan di zaman bergawai.    


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s