Piknik Bersertifikat

HIDUP tanpa piknik mungkin agak sia-sia. Konon, piknik untuk bergembira, mengenali alam, menambah akrab dengan sesama. Piknik juga membuat orang memiliki tambahan koleksi cerita dan foto. Orang-orang sadar dengan busana dikenakan dalam piknik. Penampilan itu membuat foto-foto tampak seru untuk dikenang sepanjang masa. Piknik bersama teman dan keluarga menjadikan makna teringat  bersama, memiliki cadangan pencerita bila ada pihak-pihak lupa. Keseringan piknik tentu membuat ingatan bertumpuk. Piknik menggembirakan kadang harus diwujudkan dengan kemauan, duit, doa, dan keberuntungan. Piknik itu mudah. Piknik itu susah.

Di majalah Bobo, 24 April 2003, kita membaca ajakan bagi bocah-bocah mengikuti Wisata Poelang Kampoeng. Kita bisa membedakan “wisata” dan “poelang kampoeng”. Di situ, panitia sengaja menjadikan manunggal: “wisata itu poelang kampoeng” dan “poelang kampoeng itu wisata”. Bocah mau ikut piknik harus mendaftar. Orangtua boleh ikut asal memiliki duit lebih. Piknik dengan acara: “menanam/ menggarap padi, main gamelan/ belajar menari dan menyanyi, membuat masakan tradisional, dan membuat wayang.” Anak-anak tak cuma menikmati pemandangan alam. Mereka diajak melakukan beragam peristiwa. Kita menduga mereka itu berasal dari kota, memerlukan pengalaman-pengalaman desa atau kampung. Semua acara diikuti menjadikan bocah berhak mendapat sertifikat. Piknik itu mungkin diikuti ratusan bocah bila tergoda untuk tampil seperti Bobo: mengenakan caping dan membawa cangkul. 


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s