Berbeda Masa

PADA 1985, majalah Bobo mengadakan seminar bertema kreativitas anak. Dua pembicara dihadirkan bergelar profesor dan terbukti rajin menulis artikel atau buku bertema anak: SC Utami Munandar dan Connie Setiawan. Mereka memiliki bacaan-bacaan dan pengamatan untuk memberi penjelasan kepada orangtua dalam memberi rangsang dan menemani anak dalam mengungkap kreativitas. Di Indonesia, pilihan diksi “kreativitas” mengesankan bawaan dari asing, mengikutkan teori-teori Barat. Dua pembicara memang wajib memberi penjelasan beragumentasi ilmiah dan seni. Sekian hal dipengaruhi pengasuhan dan pendidikan Barat sudah kelumrahan. Pada masa 1980-an, pengenalan dan pembuktian kreativitas anak turut menunjang kehendak-kehendak pemerintah dalam pelbagai kebijakan keluarga dan pendidikan.

Dua makalah dalam seminar diolah ulang untuk disajikan kepada para pembaca majalah Kartini, 25 Februari-10 Maret 1985. Kita membaca penjelasan bahwa anak usia 3 tahun mulai menampakkan kreativitas. Kutipan penting: “Anak kecil secara alamiah sudah kreatif, tetapi lingkungan yang tidak menunjang dapat menghambat bahkan mematikan bakat tersebut.” Dulu, seminar-seminar sering diselenggarakan dan penerbitan buku memandu para orang tua dalam mengembangkan kreativitas anak. Rubrik-rubrik di majalah anak dan keluarga pun turut berpengaruh dalam memahami kreativitas. Kita mengutip lagi: “Penelitian menunjukkan, jika anak diberi kesempatan dan bahan yang beragam untuk mengungkapkan diri, ia akan menikmati dan mempunyai kepercayaan diri untuk ungkapan kreatif.” Pada masa lalu kreatif belum terlalu ditentukan perangkat-perangkat teknologi. Kini, kreatif itu terlalu jauh dari pengertian dan perbincangan masa 1980-an. 


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s