Buku di Pintu

PADA masa 1950-an, puluhan majalah terbit di Indonesia rajin memuat iklan-iklan buku dari beragam penerbit. Iklan menandai ada kemauan besar dari publik untuk membaca. Majalah-majalah untuk keluarga atau anak juga sering memiliki halaman-halaman beriklan buku. Kita mengingat buku-buku telah menjadi kebutuhan keluarga Indonesia. Kabar-kabar baik itu mengesankan kemunculan para pembaca menjadi “keharusan” di Indonesia, setelah mengalami babak-babak amburadul dalam menata kehormatan sebagai negara beradab. Konon, taraf beradab mementingkan keaksaraan. Buku di perguruan dan rumah menentukan kesanggupan orang-orang Indonesia menapaki jalan keaksaraan.

Iklan-iklan buku masih ramai di pelbagai majalah sampai masa 1990-an. Propaganda dan maklumat pun disampaikan agar keluarga-keluarga di Indonesia terus membaca saat televisi sudah masuk rumah dan hiburan-hiburan baru menggoda. Di majalah Bobo edisi 6 Februari 1997, kita membaca seruan dibuat oleh tiga pihak: Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Strategy Advertising, dan Bobo. Tampaklah foto remaja sedang membaca di dekat pintu! Keterangan terbaca mirip bait dalam puisi: Membaca akan meng-/ hantar putra-putri kita ke/ gerbang kemajuan dan/ kearifan masa depan. Kita terpesona bila masih melihat para remaja duduk tenang di dekat pintu untuk membaca buku. Pada abad XXI, di tangan atau pangkuan mereka mungkin tak lagi buku. Kita tak usah menimpakan salah. Kita saja susah mengerti dan mengurusi masalah.  


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s