Pohon Pisang Tak Terlihat

KELUARGA-KELUARGA di Indonesia abad XXI menciptakan sejarah dengan menambahi jumlah koleksi foto. Pelbagai peristiwa diadakan berkesadaran kamera. Mereka sudah menentukan tempat, waktu, benda, tokoh, dan apa saja demi bisa terdokumentasi menggunakan kamera. Di rumah dan sekian tempat, keluarga-keluarga menginginkan terpotret. Mereka ingin melihat keluarga di hasil jepretan. Di sana, mereka sering tampil berbeda dan memberi pemaknaan berlebihan dari keseharian. Keluarga-keluarga dalam foto menjadi pembentukan cerita dan kesan-kesan. Keterangan demi keterangan menjadikan foto-foto selalu berkategori penting, Mereka sulit untuk mengurangi atau membuang koleksi foto keluarga.  Semua penting! Koleksi harus bertambah!

Di majalah Femina edisi 9 Agustus 1983, kita melihat foto tempo doeloe kiriman pembaca. Di halaman belakang, majalah itu biasa membuka nostalia keluarga bereferensi foto. Di situ, foto keluarga kiriman Ning Widarso asal Purworejo. Foto bertahun 1918, dihasilkan di Temanggung. Kita membaca keterangan: “Karena kamera pada zaman itu belum sesempurna sekarang, maka pengambilan gambar harus dilakukan di luar rumah. Dipilihlah tempat yang banyak sinar mataharinya, yaitu di kebun. Karena terlalu banyak pohon pisang, maka pemandangan jadi tidak sedap. Untuk mengatasinya dijajarkanlah kain batik yang berfungsi sebagai latar belakang.” Foto itu ibu, bapak, dan anak. Pengirim foto menginformasikan bapak-ibu memiliki selusin anak. Foto keluarga itu bersejarah.  


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, redaksi Majalah Basis, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping. Email: bandungmawardi@gmail.com, Telepon 085647121744, Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s