Biografi yang Singkat

Vima

SAAT ini, aku teringat dan ingin mengetahui tokoh yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Laura Ingalls Wilder. Nama yang lama mendekam di kepalaku.

Jadi, ketika membuka halaman dari Wikipedia dan mulai membacanya, aku sedikit terkejut. Wikipedia bisa merangkum semua hal-hal penting yang ada di hidup Laura hanya dengan beberapa alinea! Sedangkan kalau kita mau mencari hal-hal itu di bukunya akan sangat susah. Sebab, buku yang Laura tulis sudah sangat banyak. Memang, sih, semua biodata dari Laura jadi lebih lengkap dan tidak terpisah-pisah. Tapi, kita jadi tidak bisa merasakan sesuatu yang bermakna dari kehidupan Laura. Berbeda ketika kita membaca buku-bukunya, yang dapat membuat kita ikut mengalami hal-hal detail yang dirasakan oleh Laura.

Di Wikipedia juga hanya ditulis sesuai dengan pandangan yang dilihat orang lain tentang Laura. Di situ, tidak memperlihatkan mimpi-mimpi yang Laura miliki, perasaan-perasaannya, berbagai pergumulan dan permasalahan yang terjadi di hidupnya, dan sebagainya.

Aku tidak yakin, apakah kalau aku hanya membaca biodata yang tertulis di Wikipedia itu akan membuatku tertarik kepada sosok seorang Laura Ingalls Wilder. Memang semua pencapaian dan bukunya tertulis lengkap, dari A sampai Z. Tetapi, belum tentu itu bisa membuat seseorang menjadi lebih tertarik dengannya. Aku justru bersyukur dapat membaca buku seri dari Rumah Kecil untuk mengenalnya terlebih dulu, sebelum membacanya dari wikipedia.


Vima, remaja kadang menulis, tinggal di Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s