Jawaban dan Menawan

BOCAH bertambah usia ingin bertambah pengetahuan. Bapak dan ibu wajib menjawab bocah untuk penasaran apa saja. Dinding dan kertas sudah digambari. Tangan si bocah corat-coret berharap ingin menjadi huruf atau angka. Buku dan alat tulis membimbing bocah menemukan dan merasakan keajaiban-keajaiban. Hari demi hari, bocah berharap bapak dan ibu membuat keputusan-keputusan terpenting. Di rumah, bocah terus bermain tapi mulai berakal. Orangtua kadang bingung dalam memahami akal dan imajinasi bocah. Mulut si bocah mengucap apa-apa menandakan pemenuhan hak-hak belajar tapi tetap bermain dalam kegembiraan. Di majalah Kawanku edisi 21-27 Februari 1986, orangtua dibujuk oleh Gramedia: “Bila anak anda mulai menginjak usia tiga tahun … Apa yang akan anda lakukan agar ia cerdas seperti ayahnya dan cerdik melebihi ibunya.”

Jawaban: membelilah buku-buku terbitan Gramedia. Dulu, buku itu jawaban. Pembeli dan pengguna buku adalah keluarga-keluarga kelas menengah-atas. Buku-buku anak jarang murah. Kemampuan membeli disempurnakan dengan mengajarkan demi mencapai misi-misi. Buku itu perlu. Kita simak: “Pada usia itu anak anda mulai suka bertanya. Ada saja yang ditanyakan anak anda mulai pintar! pengetahuannya akan bertambah dengan pesat bila anda secara teratur memperkenalkan alam sekitar kehidupan kita ini melalui buku-buku yang indah dan menawan hati. Mulai dari nama benda apa saja yang sering kita temui di jalan, pasar, pantai, stasiun, hutan, sekolah, dan tempat kerja.” Buku-buku dibeli dan menghuni rumah. Bocah diajak pintar dengan buku-buku tipis ramai gambar dan mengandung pesona dari kata-kata. Dulu, buku masih jawaban. Kini, keluarga-keluarga bisa meragukan.   


Bandung Mawardi, dewan redaksi http://www.suningsih.net, redaksi Majalah Basis, penulis buku Pengisah dan Pengasih (2019), Dahulu: Mereka dan Puisi (2020), Pengutip(an) (2020),  Terbit dan Telat (2020), Silih Berganti (2021). Keseharian menulis esai, resensi, dan paragraf- paragraf kliping.

Email: bandungmawardi@gmail.com

Telepon 085647121744,

Face Book: Kabut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s